Senin, 19 September 2011

PERGURUAN TINGGI KEDINASAN

bagi kawan - kawan yang ingin kuliah namun gak mau memberatkan beban orang tua untuk membiayai kuliah kita saya punya sedikit info PTK yang cocok untuk kita pilih.
yaa hitung - hitung belajar jadi anak mandiri lah,,

AKADEMI IMIGRASI

AIM adalah pendidikan kedinasan yang setara DIII dibawah Depkehham RI. AIM didirikan pada tahun 1962 dan sempat terhenti selama 23 tahun yang kemudian difungsikan kembali pada tahun 2000.AIM mendidik lulusan SMU dan yang sederajat untuk menjadi "pengawal pintu gerbang negara".

Syarat Pendaftaran
1. Lulusan SMU sederajat.
2. WNI umur min. 18 tahun max. 22 tahun pada tanggal yang ditentukan kemudian.
3. Tinggi min. 170 cm (pria) 160 cm (wanita) berat badan seimbang.
4. Rata-rata nilai NEM 6, rata-rata STTB 7, nilai Bahasa Inggris di rapot terakhir min. 7.
5. Tidak berkacamata, tidak buta warna, sehat jasmani dan rohani.
6. Tidak ada tato, bekas tato, tidak ada tindikan, dan bekas tindikan (pria).
7. SKKB dari kepolisian.
8. Surat keterangan belum menikah dari kelurahan.
9. Bebas HIV, Narkoba (hasil lab.).
10. Berparu-paru sehat (hasil rontgen).
11. Mempunyai sertifikat komputer dan bahasa inggris.

Pendidikan
Pendidikan dilaksanakan selama 3 tahun yang diawali Pendidikan Dasar Kemiliteran di Bumi Marinir Cilandak selama 3 minggu yang dilanjutkan dengan masa basis yaitu persiapan dan pengenalan kehidupan Taruna kepada Calon Taruna di Kampus Pengayoman selama 3 bulan. Seluruh Taruna diasramakan dengan fasilitas yang disediakan sebagai saran kegiatan para Taruna. Pada setiap akhir semester dilaksanakan PKL di kantor-kantor Imigrasi dan Unit Pelaksana Teknis.

Ujian Penyaringan
Ujian dilakukan dengan menggunakan sistem gugur yang meliputi :
1. Tes administrasi.
2. Tes akademis.
3. Tes kesehatan dan jasmani (Samapta).
4. Psikotest.
5. Tes Komputer dan Bahasa Inggris.
6. Wawancara.
7. Pantukhir.

Praktek Kerja
Praktek dilaksanakan dalam 3 tahap :
Tahap I : Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) dilakukan pada akhir semester 2.
Tahap II : Praktek Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan pada akhir semester 4.
Tahap III : Kuliah Kerja Nyata (KKN) Dilaksanakan pada akhir semester 6.

Pendaftaran
Informasi waktu dan tempat pendaftaran dapat diperoleh di Pusdiklat Departemen Kehakiman dan HAM RI, Jalan Raya Gandul Cinere, Jakarta Selatan (tidak dapat diterangkan dalam situs ini).

AKADEMI ILMU PEMASYARAKATAN
( AKIP )

Departemen Kehakiman dan HAM RI tahun anggaran 2002 memberi kesempatan kepada pemuda/pemudi WNI untuk mengikuti pendidikan pada AKIP, dengan persyaratan sebagai berikut :

1. Pria/wanita.

2. Pendidikan SMU/sederajat dengan nilai STTB rata-rata 7 (tujuh), dan atau Danem rata-rata 6 (enam).

3. Umur pada tanggal 1 September 2002 serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 25 tahun.

4. Tinggi badan sekurang-kurangnya pria 165 cm , wanita 160 cm, dan berat seimbang.

5. Berbadan sehat, tidak cacat, tidak berkacamata, tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter.Bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, dan paru-paru sehat, dibuktikan dengan surat keterangan dokter dan keterangan hasil rontgen.

6. Tidak bertato/bekas tato, tidak ada lubang dan bekas lubang anting-anting (untuk pria).

7. Berkelakuan baik dengan bukti SKKB dari kepolisian.

8. Belum menikah dibuktikan dengan keterangan RT/RW, Lurah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.

9. Tidak terikat dengan instansi lain baik pemerintah maupun swasta.

10. Bersedia ditempatkan di UPT Pemasyarakatan diseluruh Indonesia.

11. Lulus seleksi/ujian dengan sistem gugur yang terdiri dari :
11.1. Lulus ujian tertulis Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum.
11.2. Ujian kesehatan dan ujian Olah Raga.
11.3. Psikotest.
11.4. Wawancara, peragaan dan penentuan tahap akhir (Pantukhir)

12. Mengingat jumlah yang diterima hanya 60 orang, maka calon yang lulus seluruh ujian/seleksi dan memiliki ketrampilan(kesenian, komputer, bahasa inggris, olah raga beladiri, dll) lebih diutamakan.

13. Khusus Capeg/pegawai pemasyarakatan pangkat setinggi-tingginya pengatur muda Tk. I (II/b) dan umur setinggi-tingginya 26 tahun, serta tidak terdapat catatan cela sesuai PP 30 th 1980, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan unit kerja.

14. Membuat dan mengisi formulir pernyataan dan melengkapi surat-surat keterangan lainnya (temasuk butir 5) sebelum dinyatakan sebagai calon taruna.

15. Tempat dan waktu pendaftaran:
15.1. Tempat pendaftaran : AKIP Pusdiklat Depkehham, Jl. Raya Gandul Cinere Jakarta Selatan.
15.2. Alamat lamaran/pandaftaran ditujukan kepada Menkehham RI, ditulis tangan dengan tinta hitam, ditanda tangani di atas materai Rp. 6000,00 tunggal, dilampiri persyaratan 2 dan 4 (diukur) 5 dan 6 (dicek), 7,8,9,12, pas foto hitam putih 3x4 cm 2 lembar dan khusus Capeg/Pegawai ditambah butir 13.
15.3. Berkas dimasukkan dalam stofmap folio warna hijau muda untuk umum, warna merah muda untuk Capeg/Pegawai, dan ditulisi nama, alamat lengkap dan telepon.
15.4. Waktu pendaftaran setiap hari kerja dimulai tanggal 19 Agustus s/d 23 Agustus 2002 pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB (Hari Jum'at di sela sholat Jum'at).

AKADEMI SANDI NEGARA
PROGRAM PENDIDIKAN
AHLI MADYA SANDI (DIII)

Akademi Sandi Negara (Aksara) adalah perguruan tinggi kedinasan di bawah pembinaan Lembaga Sandi Negara dan Dirjen Dikti Depdiknas. Aksara menyelenggarakan program pendidikan ahli madya sandi dan didirikan berdasarkan SK. Ketua Lembaga Sandi Negara No. 078.II.4.74 tanggal 16 Februari 1974 dan kemudian dikuatkan dengan pengakuan Depdikbud melalui SK. Mendikbud No. 0135/U/1975 tanggal 1 Juli 1975.
Program pada Aksara ini dapat diikuti oleh siswa lulusan SMU jurusan IPA dengan status mahasiswa ikatan dinas dan pegawai instansi pemerintah dengan status mahasiswa tugas belajar.

Mahasiswa Aksara selama mengikuti pendidikan tidak dikenakan biaya pendidikan dan diasramakan. Mahasiswa Aksara denga ststus ikatan dinas, pada tahun pertama kuliah ( Tingkat 1 ) diberi tunjangan ikatan dinas. Pada tahun kedua (Tingkat 2), diangkat menjadi CPNS dengan pangkat/ golongan Pengatur Muda TK.I (II/a) dan dipekerjakan dilingkungan persandian RI.

SISTEM PENDIDIKAN, BEBAN DAN LAMA STUDI
Perkuliahan diselenggarakan secara intensif dengan sistem kredit semester (SKS). Beban studi yang harus diselesaikan adalah 120 SKS dan ditempuh selama 3 tahun.

Pada tahun pertama, bagi mahasiswa yang tidak lulus ujian akhir semester (UAS), dinyatakan drop out (DO) dan tidak bisa meneruskan pendidikan.
Pada tahun kedua atau ketiga, bagi mahasiswa yang tidak lulus UAS hanya diberi kesempatan 1 (satu) kali untuk mengulang pada 2 (dua) angkatan berikutnya. Selama masa menunggu, yang bersangkutan akan dipekerjakan pada Lembaga Sandi Negara.

PERSYARATAN
Persyaratan untuk menjadi mahasiswa Aksara yang ditetapkan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru sebagai berikut :
A. PERSYARATAN UMUM
1. WNI, pria maupun wanita.
2. Berkelakuan baik yang dinyatakan dengan SKKB dari POLRI.
3. Berbadan sehat yang dinyatakan dengan surat keterangan dokter.
4. Sanggup bekerja pada bidang persandian.
5. Lulus tes psiko, akademik, wawancara dan kesehatan antara lain tes kesehatan bebas narkoba yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara.
B. PERSYARATAN KHUSUS
1. Asal calon mahasiswa :
1.1. Umum, yaitu tamatan SMU jurusan IPA dengan nilai pada ijazah rata-rata 6,5 dan matematika 7 ; atau NEM minimal 42,00.
1.2. Pegawai/TNI/POLRI dari unit teknis persandian (UTP) Instansi Pemerintah, memiliki ijazah pendidikan Sandiman (Ahli Sandi Tk. II) dengan baik dan pendidikan serendah-rendahnya SMU jurusan IPA dengan nilai mata pelajaran Matematika dalm STTB/Ijazah/Transip Nilai minimal 7 (tujuh), dapat masuk langsung pad semester II tingkat I setelah dinyatakan lulus tes/seleksi
2. Usia
2.1. Umum, berusia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun per September pada tahun pendaftaran
2.2. Pegawai/TNI/POLRI dengan status Tugas Belajar, berusia maksimal 35 tahun dan sekurang-kurangnya telah bekerja 2 (dua) tahun tanpa terputus, berkonditue baik dan harus diusulkan oleh atasan/instansi yang berwenang.

PENDAFTARAN
Pendaftaran mahasiswa baru diselenggarakan tiap tahun setelah pelaksanaan Ebtanas SMU. Formulir pendaftran dapat diperoleh di kantor Lembaga Sandi Negara Jl. Harsono RM No. 70 Ragunan Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550 ( + 200 meter dari pintu masuk kebun binatang Ragunan) telp. 021-7805814 dengan waktu pendaftaran setiap hari kerja dan jam kerja (09.00-15.00 WIB).
Adapun tata cara pendaftaran sbb :
1. Membawa surat lamaran yang ditulis dengan tangan sendiri dilampiri :
1.1. Fotocopy STTB/Ijazah/Transkrip Nilai dan NEM yang telah dilegalisir.
1.2. SKKB dari POLRI
1.3. Surat keterangan Sehat dari dokter pemerintah atau dinas kesehatan.
1.4. Surat pernyataan orang tua/wali yang menyatakan Calon belum menikah.
1.5. Pas foto ukuran 3x4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar.
2. Membayar biaya pendaftaran mahasiswa baru sebesar Rp. 50.000,00

UJIAN SARINGAN MASUK
Ujian saringan masuk diadakan beberapa tahap dan hanya diadakan di Jakarta, dengan jumlah peserta dibatasi 750 orang.

Materi Ujian sebagai berikut :
1. Ujian Tahap I, meliputi :
1.1. Tes Akademik :Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum
1.2. Tes Psiko I.
2. Ujian Tahap II, meliputi :
2.1. Tes Psiko II.
2.2. Wawasan Kebangsaan.
3. Ujian Tahap III : Tes Kesehatan
4. Ujian Tahap IV : Wawancara

PERJANJIAN IKATAN DINAS
Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus Ujian Saringan Masuk dan diterima sebagai mahasiswa Aksara diwajibkan menandatangani Perjanjian Ikatan Dinas sesuai dengan peraturan yang berlaku.

FASILITAS
Kampus Aksara berada di Pusdiklat Bumi Sanapati di daerah Parung Bogor yang dilengkapi dengan fasilitas :
1. Asrama
2. Laboratorium Komputer
3. Laboratorium Bahasa
4. Laboratorium Elektronika
5. Laboratorium Sandi
6. Perpustakaan
7. Musholla
8. Kapel
9. Fasilitas Olah Raga

PUSDIKLAT BUMI SANAPATI
Jl. Raya Haji Usa Desa Putat Nutug, Ciseeng, Parung Bogor 16330
Telepon : 0251- 542021
Faksimil : 0251-541825
Alamat surat : PO. BOX 1946/Sawangan Bogor 16500
E-mail : sanapati@indo.net.id

BADAN METEOROLOGI DAN GEOFISIKA
AKADEMI METEOROLOGI DAN GEOFISIKA
(AMG)

PROGRAM DIKLAT YANG DISELENGGARAKAN AMG
Program Diploma Tiga terdiri dari :
1. Jurusan Meteorologi
2. Jurusan Geofisika
3. Jurusan Teknik Meteorologi dan Geofisika
4. Jurusan Klimatologi (sedang dipersiapkan)

FASILITAS DIKLAT
Kampus, Ruang Kuliah, Ruang Praktek, Media Pengajaran, Taruna AMG tidak diasramakan dan Taruna AMG tidak dipungut uang kuliah.

PERSYARATAN MASUK SAAT INI
1. Syarat-syarat pendaftaran :
a. WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
b. Umur max 23 tahun pada saat pendaftaran (fotokopi akte kelahiran yang dilegalisir)
c. Tinggi min 163 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
d. Berkelakuan baik (SKKB) dan bebas narkotik
e. Berbadan sehat
f. Berijazah SMU/MA IPA, STM jurusan Listrik/Elektronika
g. Nem min 3 untuk Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
h. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan (surat keterangan belum menikah dari kelurahan)
i. Membayar uang pendaftaraan
j. Lulus seleksi adminitrasi, akademik, kesehatan, pykotest dan wawancara
2. Sanggup menanggung biaya pendidikan :
Uang OSPEK, Uang Seragam, Uang kesehatan per tahun
3. Cara Pendaftaran :
Mengisi fomulir pendaftaran dengan melampirkan :
a. Fotokopi NEM dan Ijazah SMU yang telah dilegalisir
b. Keterangan dokter berbadan sehat/tinggi badan
c. Tanda pembayaran pendaftaran
d. Pas foto terbaru
e. Persyaratan masuk saat ini dari butir 1b, 1d, 1h
4. Waktu dan Tempat Pendaftaran :
a. Waktu pendaftaran setiap tahun ajaran baru bulan Juni
b. Tempat pendaftaran :
- AMG, Jalan Raya Pondok Betung Komp. BMG, Bintaro Jakarta Selatan
- Kanwil Departemen Perhubungan, Jalan Jemur Andayani 6 (dekat BRI A.Yani) untuk wilayah Jawa Timur

LULUSAN DAN KOMPETENSI
1. Taruna yang dinyatakan lulus akan diberikan ijazah sesuai dengan program yang ditempuh
2 a. Lulusan akan diangkat sebagai CPNS pada instansi BMG
b. Program D3 jurusan Meteorologi dan Geofisika diangkat menjadi CPNS pengatur muda tk I (Gol II/b)

POLITEKNIK GAJAH TUNGGAL

STATUS : TERDAFTAR, SK MENDIKBUD No. 085/D/0/1995
Kampus : Jl. Gatot Soebroto, Km 7 Kompleks Industri Gajah Tunggal,
Kotak Pos 540, Kodya Tangerang 15001

Dalam rangka mempersiapkan SDM Nasional, Poltek GT pada tahun Akademik 2002/2003 memberi kesempatan kepada lulusan SMU untuk dididik menjadi ahli teknik madya (D3) pada :
1. Jurusan Teknik Mesin Program Studi Teknik Mesin : kode TM
2. Jurusan Teknik Kimia Program Studi Teknik Kimia : kode TK
3. Jurusan Teknik Elektro : kode TE
4. Jurusan Teknik Informatika : kode TI

PERSYARATAN UMUM
1. Sehat jasmani dan rohani.
2. Tanggal 1 september 2002, berumur maks. 21 tahun bagi yang belum pernah bekarja, dan maks. 21 tahun bagi yang berpengalaman kerja serta memiliki STTB Tahun 2000,2001 atau 2002.
3. Lulusan SMU jurusan IPA atau SMK yang sesuai dengan program studi yang diminati.
4. NEM rata-rata min. 6,50
5. Nilai rata-rata STTB bagi SMK rata-rata min. 7,50.
6. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan.
7. Bersedia mengikuti seleksi administrasi Ujian Tertulis, Kesamaptaan, Wawancara dan Kesehatan.
8. Setelah lulus , sanggup bekerja dengan ikatan dinas selama 5 tahun.

PERSYARATAN KHUSUS
1. Surat lamaran ditulis tangan, dengan alamat yang jelas dan mencantumkan Kode Jurusan yang diminati pada pojok kiri atas amplop
2. Fotokopi Rapor dari 4 Cawu/Semester terakhir yang dilegalisir
a. Nilai rata-rata Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris masing-masing minimum 7 untuk TM, TE dan TI
b. Nilai rata-rata Matematika, Kimia dan Bahasa Inggris masing-masing minimum 7 untuk TK
3. Fotocopy KTP/Kartu Pelajar dan fotokopi Kartu Keluarga (KK)
4. Pas foto terbaru ukuran 3x4 cm sebanyak 4 lembar
5. Daftar Riwayat Hidup
6. SKKB dari Kepolisian
7. Surat Keterangan Penghasilan yang terbaru dari Kelurahan/Kepala Desa bai orangtua/wali yang berwiraswasta/pensiunan
8. Surat Keterangan Penghasilan atau Slip Gaji terbaru dari Departemen/Bagian Personalia bagi orangtua/wali yang bekerja
9. Fotocopy STTB dan NEM yang telah dilegalisir
10. Bagi yang baru mengikuti EBTANAS, Fotocopy STTB dan NEM yang telah dilegalisir dapat disusulkan kemudian.

LAIN-LAIN
1. Lama pendidikan 3 tahun, termasuk PKL.
2. Selama pendidikan TIDAK DIKENAKAN BIAYA PENDIDIKAN, seluruh mahasiswa mendapat beasiswa dari Yayasan Bina Dharma Nurharapan Indonesia dan berbagai fasilitas lainnya.
3. Setelah selesai pendidikan, lulusan Poltek GT dapat disalurkan bekerja.
4. Tanggal pelaksanaan Ujian Tertulis bersamaan dengan UMPTN.
5. Surat lamaran ditulis tangan, dengan mencantumkan kode jurusan yang diminati pada pojok kiri atas amplop dan dikirim ke :

PANITIA PMB 2002, POLITEKNIK GAJAH TUNGGAL
KOTAK POS 540, TANGERANG 15001
atau
WISMA HAYAM WURUK LT.9
KOTAK POS 4283 JAKARTA 11042

Lamaran harus diterima selambat-lambatnya Juni 2002.
6. Pelamar atau calon mahasiswa yang memberi keterangan tidak benar/palsu, akan digugurkan.
7. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan yang akan kami panggil.
8. Materi Ujian Tulis :
Ø TM, TE dan TI : Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
Ø TK : Matematika, Kimia dan Bahasa Inggris

BADAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAYARAN
POLITEKNIK ILMU PELAYARAN
(PIP/BPLP)

TEMPAT PENDIDIKAN DAN ASRAMA
1. PIP/BPLP Semarang
2. PIP/BPLP Palembang
3. PIP/BPLP Makassar

PERSYARATAN UMUM
1. Syarat-syarat pendaftaran :
· WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
· Umur max 23 tahun pada saat pendaftaran
· Tinggi min 165 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
· Berkelakuan baik dan bebas narkotik
· Berbadan sehat
· Nem min 3 untuk Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
· Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
· Membayar uang pendaftaraan
· Lulus seleksi adminitrasi, akademik, kesehatan, pykotest dan wawancara

PERSYARATAN KHUSUS
No. DIKLAT, JENJANG, PERSYARATAN

1. Nautika (Kenahkodaan) , D IV ,
SMU/MA IPA, STM Listrik/Mesin/ Elektronika, SMT Penerbangan

2. Teknika , D IV ,
SMU/MA IPA, STM Listrik/Mesin/Elektronika, SMT Penerbangan,

3. Tata Laksana , D IV ,
| SMU/sederajat

CARA PENDAFTARAN
Mengisi fomulir pendaftaran dengan melampirkan :
1. Fotokopi NEM dan Ijazah SMU/sederajat yang telah dilegalisir
2. Keterangan dokter berbadan sehat/tinggi badan
3. SKKB dari Kepolisian Resort setempat
4. Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan
5. Fotokopi Akte Kelahiran yang sudah dilegalisir
6. Tanda pembayaran pendaftaran
7. Pas foto terbaru
8. Waktu dan Tempat Pendaftaran :
a. Waktu pendaftaran setiap tahun ajaran baru bulan Juni
b. Tempat pendaftaran :
· Kanwil Departemen Perhubungan, Jalan Jemur Andayani 6 (dekat BRI A.Yani) untuk wilayah Jawa Timur

SEKILAS STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang lebih dikenal dengan nama STAN merupakan suatu lembaga pendidikan di bawah naungan Departemen Keuangan yang mencetak tenaga-tenaga terampil siap pakai di bidang keuangan. Sekolah Tinggi Akuntasi Negara menerapkan sistem pendidikan dan kurikulum serta spesialisasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan akan SDM yang berkualitas untuk dapat mengelola keuangan Negara di berbagai instansi, antara lain :BPK, DJ Pajak, DJ Bea Cukai, BUPLN, DJ Anggaran, DJLK, DJ Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah dan tak lupa Direktorat PBB.

Sekolah Tinggi akuntansi Negara adalah sekolah kedinasan yang menyelenggarakan program pendidikan setingkat Diploma I, III danIV dengan lama pendidikan 1 tahun (D-I), 3 tahun (D-III) dan 2 tahun (D-IV, setelah lulus D-III) dengan beberapa spesialisasi yang dapat dipilih antara lain:

1. Akuntansi Diploma III & IV
2. Perpajakan Diploma III & I
3. Pengurusan Piutang Lelang Negara Diploma III
4. Bea dan Cukai Diploma III & I
5. Kebendaharaan Negara Diploma III & I
6. Penilai (PBB) Diploma III

Sebagai sekolah kedinasan STAN juga memberikan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh mahasiswanya yaitu seperti bebas biaya pendidikan, buku literatur gratis, ditempatkan bekerja sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Departemen Keuangan dengan pangkat II/c untuk DIII dan III/a untuk DIV. Tetapi, karena keterbatasan dana, maka saat ini Mahasiswa STAN tidak mendapatkan uang saku bulanan lagi.
Selain itu tentu saja tetap menerapkan sistem DO (Drop Out) dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan STAN/ Prodip Keuanngan. Setiap mahasiswa harus mampu mencapai Indeks Prestasi 2,0 untuk semester ganjil dan Indeks Prestasi Komulatif semester genap 2,6.

INFORMASI PENDAFTARAN STAN

Syarat-syarat pendaftaran untuk mengikuti ujian saringan masuk antara lain :

· Berijazah SME/Madrasah Aliyah semua jurusan, SMK kelompok bisnis dan manajemen semua jurusan, dan SMK kelompok teknologi dan industri semua jurusan, lulusan tahun 2000,2001,2002.
· Rata-rata NEM minimal 6,00; usia maksimal 21 pada tanggal 1 September 2002.
· Belum pernah masuk dan dikeluarkan dari STAN.
· Khusus program diploma keuangan Bea dan Cukai, ditambahkan persyaratan sebagai berikut :
1. Yang diterima hanya calon peserta Pria
2. Tinggi badan minimal 165 cm.
3. Tidak berkaca mata dan tidak buta warna.
4. Bagi peserta yang dinyatakan lulus ujian tertulis, harus mengikuti dan lulus tes kesehatan dan erobik yang pelaksanaannya akan ditentukan dalam pengumuman hasil ujian saringan masuk STAN tahun akademik 2001/2002

· Uang pendaftaran ujian saringan masuk Rp. 100.000,00 disetorkan pada salah satu bank pemerintah ( BRI, BNI, Bank Mandiri atau BTN)

Pendaftaran dapat dilakukan di lokasi di bawah ini :
LOKASI ALAMAT
Jakarta Kampus STAN/ Prodip Keuangan Jl. Bintaro Utama Sektor V, Tangerang 15222
Cimahi Balai Diklat Keuangan VII, Jl Raya Gado Bangkong N0 111 Cimahi
Yogyakarta Balai Diklat Keuangan III, Jl. Raya Solo KM 11 Purwomartani kalasan
Malang Balai Diklat Keuangan IV, Jl. A. Yani Utara No. 200, Malang
Medan Balai Diklat Keuangan I, Jl. P. Diponegoro No 30A, Medan
Palembang Balai Diklat Keuangan II, Jl kolonel Atmo No 56 Palembang
Balikpapan Balai Diklat Keuangan V, Jl. A. Yani No 68 Balikpapan
Makasar Balai Diklat Keuangan VI, Jl. A. Yani No. 1 Makasar
Manado Kanwil XIII Ditjen Pajak Sulut, Jl. 17 Agustus No 17 Manado
Mataram Kantor Pelayanan Pajak Mataram, Jl Raya Langko No. 74, Mataram
Jayapura Kanwil XV Ditjen Pajak Maluku dan Irian Jaya, Jl. A. Yani No. 8 Jayapura

Dokumen Yang Harus diserahkan :
1. Bukti penyetoran Ujian Saringan Masuk dari bank pemerintah
2. Fotokopi Ijazah/ STTB yang telah disahkan Kepala Sekolah
3. Fotokopi NEM yang telah disahkan Kepala Sekolah
4. STTB dan NEM (untuk diperlihatkan)
5. Pasfoto terakhir 3x4 sebanyak 3 lembar

· Materi yang diujikan adalah sebagai berikut :
1. Tes Kemampuan Umum
2. Bahasa Indonesia
3. Bahasa Inggris
4. Pengetahuan Umum

· Waktu Pendaftaran adalah sekitar tanggal 17 Juni s.d 28 Juni 2002 untuk lulusan 2000 dan 2001, dan tanggal 24 Juni s.d. 5 Juli 2002 untuk lulusan 2002
· Ujian akan dilaksanakan sekitar tanggal 13 Juli 2002
· Pengumuman ujian saringan masuk akan diadkan sekitar tanggal 2 Agustus 2002 di tempat-tempat pendaftaran.
· Peserta yang dinyatakan lulus harus melakukan daftar ulang dengan menyerahkan syarat-syarat sebagai berikut :

Pas Foto 2x3 2 lembar dan 3x4 4 lembar
Dua lembar fotokopi STTB yang telah dilegalisir
Surat keterangan berbadan sehat dari dokter pemerintah
Surat keterangan bebas narkoba dari RS pemerintah atau Polres
Hasil Rontgen paru-paru dari RS pemerintah
SKKB dari Polres
Surat pernyataan belum pernah nikah
Surat pernyataan bahwa mahasiswa yang bersangkutan akan mentaati seluruh peraturan disiplin mahasiswa..
Surat pernyataan belum pernah dikeluarkan dari STAN/Prodip Keuangan
Surat Pernyatan wajib kerja di Departemen Keuangan atau Instansi Pemerintahan lainnya baik di pusat atau di daerah

Informasi ini disusun berdasarkan pengumuman pendaftaran tahun 2000/2001
Untuk lebih tepatnya pendaftar dapat menanyakan langsung di seluruh Gedung Keuangan Negara atau dapat menghubungi sekretariat Himasurya di Jl. Porselen E 7/7 pondok Jaya, Bintaro, Jakarta Selatan, (021) 7357949

SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN
MARITIME HIGHER EDUCATION

Jalan Gunung Sahari - Mangga Dua Ancol
P.O.Box 1163 Jakarta 10011
Telp:(021)6392321-639120, Fax:(021)6260731
Homepage : http://www.stipjakarta.com
E-mail : plapjkt@pacific.net.id

PERSYARATAN UMUM
Syarat-syarat pendaftaran :
· WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
· Umur max 23 tahun pada saat pendaftaran
· Tinggi min 165 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
· Berkelakuan baik dan bebas narkotik
· Berbadan sehat
· Nem min 3 untuk Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
· Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
· Membayar uang pendaftaraan
· Lulus seleksi adminitrasi, akademik, kesehatan, pykotest dan wawancara

PROGRAM DIPLOMA IV (D IV)
· Lama Pendidikan : 8 - 14 semester
· Jurusan :
1. Nautika
2. Teknika
3. Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan

CARA PENDAFTARAN
Mengisi fomulir pendaftaran dengan melampirkan :
· Fotokopi NEM dan Ijazah SMU/sederajat yang telah dilegalisir
· Keterangan dokter berbadan sehat/tinggi badan
· SKKB dari Kepolisian Resort setempat
· Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan
· Fotokopi Akte Kelahiran yang sudah dilegalisir
· Tanda pembayaran pendaftaran
· Pas foto terbaru
· Waktu dan Tempat Pendaftaran :
c. Waktu pendaftaran setiap tahun ajaran baru bulan Juni
d. Tempat pendaftaran :
· Kampus STIP Jalan Gunung Sahari - Mangga Dua Ancol

BIRO PUSAT STATISTIK
SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK
( S T I S )

Jalan Otto Iskandardinata 64 C, Jakarta 13330
Telp. (021) 8191437, 8197577, Fax 8197577
E-mail : stis@jakarta.wasantara.net.id

PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM D IV
TAHUN AKADEMIK 2002 / 2003

PERSYARATAN UMUM
Syarat-syarat pendaftaran :
· WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
· Umur max 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2002
· Berkelakuan baik dan bebas narkotik
· Berbadan sehat
· Berijazah SMU/MA IPA dan sederajat dimana ilmu pasti sebagai pelajaran utama
· Nilai Matematika dan Bahasa Inggris pada STTB minimal 7 atau nilai rapor Cawu III minimal 7
· Tidak sedang menjalani ikatan dinas dengan instansi pemerintah maupun swasta
· Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
· Mengisi formulir pendaftaran, membayar biaya penyelenggaraan
· Bersedia menandatangani perjanjian ikatan dinas dengan BPS dan bersedia ditempatkan di BPS daerah seluruh wilayah Indonesia
· Lulus seleksi yang meliputi :
1.Ujian tertulis Matematika, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum.
2. Psikotes dan Uji Kesehatan

STATUS DAN JURUSAN
Status mahasiswa STIS adalah ikatan dinas (ID) bagi lulusan SMU
Ada dua jurusan yang ditawarkan untuk prgram D IV Statistik, yaitu
· Jurusan Statistika, dengan dua bidang konsentrasi
1. Statistik Ekonomi
2. Statistik Sosial dan Kependudukan
· Jurusan Komputasi Statistik

WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
Waktu pendaftaran :
- DKI Jakarta : 5 Juni s.d. 13 Juli 2002
- Luar DKI Jakarta : 5 Juni s.d. 6 Juli 2002
Tempat pendaftaran :
- Kampus STIS Jalan Otto Iskandardinata no. 64 C Jakarta
- Seluruh Kantor BPS Propinsi di seluruh Indonesia (kecuali Kamtor BPS Propinsi DKI Jaya)

KEPASTIAN KERJA
Mahasiswa yang berstatus ikatan dinas (ID) menerima tunjangan ID sesuai dengan yang telah menyelesaian studinya akan langsung diterima bekerja di BPS Pusat atau cabang-cabangnya di daerah dan harus menjalani masa ikatan dinas selama 2n tahun (n adalah masa studi).

SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA
CURUG - TANGERANG


SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA
P.O.Box 509 TANGERANG 15001
Telp.(021) 5982203-5982204-5982205
Fax. (021)5982234
E-mail : stpi@stpicurug.ac.id
Website : http://www.stpicurug.ac.id

SEJARAH
Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) adalah berawal dari Akademi Penerbangan Indonesia (API) yang didirikan tanggal 1 Juni 1952 di Gempol, Kemayoran Jakarta. Seiring dengan perkembangan teknologi penerbangan dan kebutuhan industri penerbangan, API beberapa kali mengalami perubahan baik nama maupun statusnya antara lain :
Ø 1954 : API pindah ke Curug Tangerang, Banten.
Ø 1969 : API berubah nama menjadi lembaga pendidikan perhubungan udara (LPPU) dibawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.
Ø 1978 : LPPU berubah menjadi Pendidikan dan Latihan Penerbangan (PLP) dibawah Badan Pendidikan dan Latihan Perhubungan.
Ø 2000 : (10 Maret ) PLP berubah menjadi STPI.

LOKASI
Kampus STPI terletak di dalam kompleks bandar Udara Budiarto meliputi empat desa yaitu Serdang Wetan, Rancagong, Kamuning dan Palasari Kecamatan Legok Kawedanan Curug Kabupaten Tangerang Propinsi Banten yang luasnya sekitar 545 hektar.

VISI DAN MISI
Visi STPI adalah menghasilkan lulusan yang diakui secara nasional dan interasional untuk menuju pusat unggulan yang berstandar internasional sedangkan misinya adalah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan serta penelitian teknologi terapan di bidang penerbangan dalam rangka mencerdaskan bangsa dengan menciptakan SDM penerbangan yang memiliki iman dan taqwa, berkualitas internasional, mampu bersaing, mandiri dan profesional.

PROGRAM STUDI
Program studi yang diselenggarakan di STPI terdiri atas dua kelompok utama yaitu diklat awal (program diploma) dan diklat khusus (keahlian). Diklat awal dilaksanakan berdasarkan satuan kredit semester mulai dari satu tahun sampai dengan empat tahun sedangkan diklat khusus (non diploma) mulai dari beberapa hari sampai beberapa minggu atau bulan antara lain :

Diklat Umum

No


DIKLAT


JENJANG


PERSYARATAN

1.


Penerbang

Penerbang sayap tetap
Penerbang Sayap Putar
Operasi Pesawat Udara



D-II, III dan IV
D-II & D-III
D-III



SMA A1, A2 /IPA/ MA A1,A2,A3,STM Listrik/Mesin/Elektronika,SMT Penerbangan
s.d.a
SLTA atau yang sederajat

2.


Teknik Penerbangan

Teknik Pesawat Udara
Teknik Radio/ Navigasi Udara
Teknik Listrik Bandar Udara
Teknik Mekanikal Bandar Udara
Teknik Bangunan dan Landasan



D-II, III dan IV
D-I, II, III dan IV
D-I, II, III & IV
D-II dan III
D-II dan III



SMA, A1,A2,/ IPA/ MA A2, A3
STM Listrik/ Mesin/ Elektronika, SMT Penerbangan
s.d.a
SMA A1,A2/ IPA
MA A2,A3
STM Listrik/ Mesin
SMT Penerbangan
s.d.a
s.d.a/ STM Bangunan

3.



Keselamatan Penerbangan

Pemandu Lalu Lintas Udara
Penerangan Aeronautika
Komunikasi Penerbangan
Pertolongan Kecelakaan Penerbangan



D-II, III, & IV
D-II dan III
D-II
D-II dan III



SMA A1,A2/ IPA
MA A2,A3
SLTA/Sederajat
s.d.a
s.d.a

4.


Manajemen Penerbangan

Administrasi Perhubungan Udara
Operasi Bandar Udara
Angkutan Udara Niaga





D-III
D-III
D-III





s.d.a
s.d.a
s.d.a

Diklat Khusus

No


DIKLAT


LAMA

1.


Pendidikan Penerbang

Comersial Pilot License (Non Diploma)
Airline Transport Pilot License (ATPL) Ground
Matrikulasi (untuk PNB lulusan LN)
Flight Instructor
Flight Operation Officer



12 – 18 bulan
3 bulan
1 – 3 bulan
3 bulan
3 bulan

2.


Teknik Penerbangan

Ahli Perawatan Pesawat Udara (APPU)
Airframe and Power Plant (A&P)
Basic Aircraft Mechanics (BAM)
Basic Aviation Technical Knowledge (BATK)
Sheet Metal
Digital Technique
Radar Technique
D-VOR/ILS
Dan lain-lain



2 – 3 bulan
2 – 3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 bulan
-

3.


Keselamatan Lalu Lintas Udara

ATC Radar
ATC Automation
PANS-OPS
Company Aviation Information Service
Briefing Practice
Basic Fire Fighting
Advanced Fire Fighting
Type Rating (Driving)
Dan lain-lain



3 bulan
3 bulan
3 bulan
4 minggu
3 bulan
3 bulan
3 bulan
3 minggu
-

SARANA DAN PRASARANA

1. Umum
Sarana umum terdiri antara lain gedung perkantoran utama; laboratorium bahasa; asrama berkapasitas 1117 taruna; ruang makan berkapasitas 450 kursi; perpustakaan; rumah sakit berkapasitas 20 tempat tidur; fasilitas olahraga yang meliputi gedung serbaguna, lapangan bola voli, bola basket, sepak bola, tenis lapangan, kolam renang,dll; masjid berkapasitas 600 orang; gereja berkapasitas 50 orang; tenaga listrik berkapasitas 700 kV dan perumahan sebanyak 139 plus mess/wisma berjumlah 48 kamar.

2. Pendidikan Penerbang
Fasilitas pendidikan penerbang antara lain pesawat bermesin tunggal berjumlah 49 buah dan jenis Sundowner BE-23, Tomahawk PA-38-112, Piper Dakota PA-28-236, Socata TB-10 dan TB 700; Pesawat bermesin ganda berjumlah 11 buah dari jenis Beechcraft Baron BE-55 dan BE-58; Satu buah helikopter Bell-206; Simulator sebanyak 12 buah dari jenis Beechcraft, Socata, ATC 710 dan GAT 1; Laboratarium Radiotelephony dan ruang kelas sebanyak 9 ruangan.

3. Pendidikan Teknik Penerbangan
Pendidikan teknik penerbangan memiliki antara lain bengkel dan laboratarium sheet metal, GWS, gas turbine, menggambar teknik, instrument, hydraulic, welding, elektronika, digital dan analog, DME, VOR, Tx/Rx, mesin listrik, instrumen listrik, sistem pendingin, penerangan bandara, instalasi, fisika, komputer, baterai, genset otomatis, dan ruang kelas sebanyak 19 ruangan.

4. Pendidikan Keselamatan Penerbangan
Fasilitas pendidikan keselamatan penerbangan antara lain laboratarium junior ATC, senior ATC, radar ATC, AMSC dan komputer; kendaraan pertolongan kecelakaan penerbangan dan ruang kelas sebanyak 11 ruangan.

5. Manajemen Penerbangan
Fasilitas pendidikan manajemen penerbangan antara lain laboratorium komputer dan ruang kelas sebanyak 3 ruang.

PENYELENGGARAAN DIKLAT
Penyelenggaraan diklat meliputi kegiatan akademik, pembinaan moral dan mental serta pengembangan kreativitas antara lain :

1. Pembinaan mental
Masa dasar pembinaan mental dan orientasi matra dirgantara (MADABINTAL dan ORMATDIRGA) berlangsung selama dua minggu yang berisi kegiatan PBB dan PPM; pengenalan lingkungan kampus; pengenalan matra dirgantara; pembekalan tata kehidupan asrama; penjelasan tata tertib dan lain-lain.

2. Pembinaan Disiplin
Pembinaan disiplin taruna dengan menggunakan instrumen peraturan tata tertib taruna (PTTT) dengan sistem angka kesalahan. Apabila taruna melakukan kesalahan akan diberi sanksi berupa angka dengan rentangan 1 sampai 100. Setelah melalui pentahapan peringatan yaitu peringatan pertama (angka 25), kedua (angka 50), dan ketiga (angka 75) maka taruna dapat diberhentikan dari pendidikan jika angka kesalahannya mencapai 100 atau lebih.

3. Pendidikan dan pelatihan
Kegiatan dikklat terdiri dari berbagai macam kegiatan tergantung dari jenis atau program yang antara lain (a) teori dan praktek di STPI; (b) praktek lapangan di bandar udara di seluruh Indonesia/perusahaan penerbangan/ instansi lainnya dan (c) terbang cross country bagi penerbang.

4. Pengembangan kreativitas
Kegiatan pengembangan kreativitas taruna meliputi kegiatan antara lain: (a) marching/drum band; (b) Band/musik; (c) aeromodelling; (d) olahraga dan lain-lain.

KURIKULUM
STPI yang melaksanakan Pendidikan Propesional dimana kurikulum yang ditetapkan telah disetujui dan disahkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dan mengacu kepada beberapa sumber serta meliputi antara lain :
1. Diklat Awal
a. Mata Kuliah Umum (MKU) yaitu mata kuliah wajib yang ditentukan oleh departemen Pendidikan nasional;
b. Mata Kuliah dasar keahlian (MKDK) yaitu mata kuliah yang ditentukan oleh dan sesuai dengan kebutuhan Departemen Perhubungan (termasu Direktorat Jendral Perhubungan Udara);
c. Mata Kuliah Keahlian (MKK) yaitu mata kuliah yang mengacu kepada kurikulum yang ditetapkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional dan sesuai dengan kebutuhan Departemen (termasuk Direktorat Jendral Perhubungan Udara).
2. Diklat Khusus
Kurikulum untuk diklat khusus disesuaikan dengan instansi/sponsor yang bersangkutan setelah mendapatkan pengesahan dari LAN, Ditjen Perhubungan Udara dan Badan Diklat Perhubungan.

PENERIMAAN TARUNA
Penerimaan taruna STPI terdiri dari beberapa macam yaitu :

1. Taruna Diklat Awal (calon berasal dari lulusan SLTA)
Penerimaan calon taruna diklat awal dilaksanakan secara terpadu bersamaan dengan diklat-diklat yang lain yang ada di lingkungan Badan Diklat Perhubungan dengan persyaratan umum antara lain :

(a) WNI;
(b) Usia maksimum 23 tahun dengan bukti akte kelahiran yang telah dilegalisir;
(c) Berkelakuan baik dinyatakan oleh SKKB;
(d) Belum pernah kawin dan sanggup tidak akan kawin selama pendidikan dinyatakan dengan surat keterangan dari Kelurahan;
(e) Sehat jasmani, rohani, bebas narkoba, tidak berkacamata ,dan tidak buta warna;
(f) Tinggi badan Pria/wanita adalah minimal 165/163 cm untuk penerbang dan 163/157 cm untuk non penerbang;
(g) NEM minimal untuk Matematika, Fisika, Bahasa Inggris adalah minimal 3,00 dengan bukti fotocopy NEM dan STTB yang telah dilegalisir.
2. Taruna Diklat Awal (calon dari instansi pemerintah/swasta) dan Diklat Khusus.
3. Seleksi penyaringan calon taruna terdiri dari tes akademis (matfisbig), tes kesehatan, psikotest, wawancara, dan pantukhir.
4. Pendaftaran calon taruna diadakan selama bulan Juni dilaksanakan oleh STPI Bekerjasama dengan instansi/sponsor yang bersangkutan dengan mengikuti peraturan yang telah ditentukan. Prosesi pendaftaran dimulai dengan pengambilan formulir, pembayaran biaya pendaftaran di rekening bank yang ditunjuk, dan pengembalian formulir.

Pusat Informasi dan Pendaftaran
(wilayah Jatim)
Kanwil Departemen Perhubungan
Jl.Jemur Andayani 6 Suurabaya
(dekat BRI A.Yani)

SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT
(STTD)

Jalan Raya Setu km 3,5 Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat
PO BOX 153 Bekasi. Telp/Fax (021) 8254640
Email : STTD@Bekasi.Wasantara.net.id

F ASILITAS DIKLAT
Kampus, Ruang Kuliah, Ruang Praktek, Media Pengajaran, Taruna STTD diasramakan dan Taruna STTD tidak dipungut uang kuliah.

PERSYARATAN PESERTA DIKLAT PROGRAM DIII LLAJ
1. Syarat-syarat pendaftaran :
· WNI yang bertaqwa kepada Tuhan YME
· Umur max 23 tahun pada saat pendaftaran
· Tinggi min 165 cm untuk pria dan 157 cm untuk wanita
· Berkelakuan baik dan bebas narkotik
· Berbadan sehat
· Berijazah SMU/MA IPA, STM jurusan Mesin, Otomotif, dan Bangunan
· Nem min 3 untuk Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris
· Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
· Membayar uang pendaftaraan
· Lulus seleksi adminitrasi, akademik, kesehatan, pykotest dan wawancara
· Rekomendasi dari Pemerintahan Daerah/Perusahaan sangat diharapkan
2. Cara Pendaftaran :
Mengisi fomulir pendaftaran dengan melampirkan :

a. Fotokopi NEM dan Ijazah SMU yang telah dilegalisir
b. Keterangan dokter berbadan sehat/tinggi badan
c. SKKB dari Kepolisian Resort setempat
d. Surat Keterangan belum menikah dari kelurahan
e. Fotokopi Akte Kelahiran yang sudah dilegalisir
f. Tanda pembayaran pendaftaran
g. Pas foto terbaru
3. Waktu dan Tempat Pendaftaran :
a. Waktu pendaftaran setiap tahun ajaran baru bulan Juni
b. Tempat pendaftaran :
· Kanwil Departemen Perhubungan, Jalan Jemur Andayani 6 (dekat BRI A.Yani) untuk wilayah Jawa Timur
· STTD, Jalan Raya Setu km 3,5 Cibuntu, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar